top of page
Search

Mudahnya Perawatan Mesin Genset Untuk Pemula



Generator set atau sering disingkat genset adalah salah satu mesin yang berfungsi sebagai alat cadangan penghasil energi listrik, apabila terjadi gangguan llistrik dari pusat.

Hal penting yang harus Anda ketahui saat membeli genset adalah memilih mesin genset yang sesuai dengan kebutuhan daya di dibutuhkan. Anda dapat membeli genset di toko genset Cummins yang dekat dengan lokasi Anda.

Dengan begitu Anda dapat konsultasi langsung tentang mesin genset yang berkualitas dan bagaimana cara perawatan nya yang tepat. Agar genset yang Anda miliki dapat berfungsi secara maksimal dan tidak cepat rusak. Sayang sekali bukan? Jika kita memiliki produk barang yang berkualitas, namun tidak tahu bagaimana cara melakukan perawatan nya.


Bagaimana Memilih Genset Sesuai dengan Kebutuhan

Pada umumnya kebutuhan daya listrik yang ada pada genset yaitu tidak jauh beda dengan daya yang di suplai dari PLN.

Namun Anda juga harus menentukan, apakan Anda membutuhkan genset untuk menyuplai semua jenis kebutuhan yang membutuhkan tenaga listrik atau hanya untuk beberapa saja. Jika tidak dipakai secara penuh, sebaiknya tentukan persentase untuk penggunaan mesin genset tersebut.

Kita sebagai orang awam, kadang masih bingung dalam menentukan persentase kebutuhan daya yang akan digunakan. Jika Anda mengalami hal itu, maka Anda dapat pergi ke toko jual genset Surabaya untuk menempatkan solusi yang tepat.

Sebagai contoh sederhana, misalnya pada sebuah rumah mendapat suplai daya listrik dari PLN sebesar 4.400 watt. Kemudian membutuhkan mesin genset yang akan digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan yang menggunakan energi listrik. Secara otomatis, kita juga membutuhkan genset dengan kapasitas daya yang sama.

Namun semua itu tidak bersifat mutlak, Anda bisa membeli mesin genset dengan kapasitas daya di bawahnya atau pun kapasitas di atasnya. Karena Anda tidak mungkin dalam waktu secara bersamaan akan menggunakan semua barang yang berhubungan dengan listrik.


Cara Sederhana Merawat Mesin Genset

Merawat mesin genset secara rutin dan benar, akan membuat mesin genset menjadi lebih awet dan tahan lama. Jadi bagaimana caranya merawat mesin genset? Yang pertama kali Anda harus lakukan adalah memeriksa oli, karena jika oli sampai habis maka dapat berakibat fatal dan mengakibatkan mesin genset menjadi cepat rusak.

Pada umumnya mesin genset biasanya sudah dilengkapi dengan alat sensor. Alat sensor tersebut berguna untuk memberitahukan sisa oli yang ada pada mesin genset. Jadi ketika jumlah oli tinggal sedikit, maka mesin genset akan mati secara otomatis. Namun tidak ada salahnya, jika Anda melakukan pengecekan dan menggantinya secara rutin.

Biasanya oli wajib diganti jika pemakaian nya sudah mencapai 500 sampai 1000 jam. Apabila Anda membeli mesin genset di toko jual genset murah di dekat lokasi anda, maka Anda akan diberitahu bagaimana cara penggunaan dan perawatan mesin genset yang benar.

Supaya mesin genset awet dan tahan lama, sebaiknya Anda tidak menggunakan mesin genset dengan beban berat sekaligus.

Jika Anda ingin mengoperasikan alat-alat yang berhubungan dengan listrik sebaiknya dilakukan secara bertahap. Saat ini banyak distributor resmi yang menawarkan jual mesin diesel yanmar, tentunya dengan mesin genset yang berkualitas maka daya tahan mesin juga lebih bagus.

74 views0 comments
bottom of page