top of page
Search

CIRI-CIRI GENSET SILENT BERKUALITAS

Updated: Nov 28, 2022

Dipasaran anda akan menemukan berbagai jenis genset yang di jual. Salah satunya adalah genset Silent. Genset Silent yang lebih dikenal dengan genset tipe tertutup ternyata termasuk dalam salah satu genset yang jarang digunakan.



Hal ini dikarenakan harga jual genset Cummins Silent yang biasa ditawarkan mematok harga sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan genset tipe Open.


Genset Silent Berkualitas

Genset Silent sangat cocok sekali bagi anda yang menyukai suasana yang hening. Karena sesuai dengan namanya “Silent”, ketika dioperasikan genset ini akan menimbulkan suara yang relative lebih rendah dibanding genset Open. Hal ini dikarenakan dibungkus oleh plat-plat besi dan busa yang soundproofing. Yang membuat bunyi yang dihasilkan relative lebih hening jika dibandingkan dengan tipe terbuka.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk membeli genset tipe Silent ini sebaiknya kenali dulu mengenai ciri box yang berkualitas berikut ini:


1. Mempunyai suara hening

Genset Silent mempunyai standar kualitas maksimal 70Db khususnya untuk berjarak 7 meter. Tentunya, suara yang dihasilkan pun tidak terlalu kentara.


2. Tahan Api

Busa peredam suara yang melapisi sisi genset Silent ini bila memiliki kualitas yang sangat bagus akan mempunyai ketahanan yang baik terhadap api yang artinya tidak mudah untuk terbakar. Karena busa soundproof ini akan melindungi bagian dalam lapisan genset Silent bila suhunya panas.


3. Mempunyai lubang udara

Untuk pengoperasian tentunya mesin genset Silent tipe ini dioperasikan di dalam ruang yang tertutup atau di dalam box. Sehingga, sebaiknya di dalam box Silent yang melapisinya harus mempunyai lubang untuk keluar masuknya udara yang cukup.

Ini berfungsi agar suhu didalam box Silent akan terjaga dengan baik dan mesin genset tidak cepat panas ketika dioperasikan dalam jangka waktu yang lama. Untuk genset dengan tipe Silent yang memiliki kualitas baik akan terlihat ketika sedang dalam pemakaian full load yang suhunya tetap terjaga di bawah 80 derajat Celcius.


4. Mempunyai ketebalan yang cukup

Ketebalan plat box genset tipe Silent yang berkualitas adalah berkisar 1, 8 mm – 2, 8 mm. Selain itu, bila anda menemukan mesin genset tipe Silent dengan ukuran ketebalan yang lebih tebal dari ukuran tersebut. Tentunya mesin genset Silent tersebut akan semakin berat.

Dan dengan plat yang tebal akan meredam berbagai getaran dan polusi suara yang ditimbulkan ketika genset sedang digunakan dalam jangka waktu yang lama.


5. Akses perawatan

Bukan hanya tipe open yang memerlukan perawatan, genset dengan tipe Silent ini pun membutuhkan perawatan secara rutin. Maintenance yang biasa dilakukan berupa pengisian air pada radiator genset, penggantian bagian oli pada genset, penggantian pada filter oli genset, penggantian filter udara dan lain-lain.

Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya lubang atau pintu yang digunakan untuk mempermudah perawatan tersebut, seperti lubang pada air radiator, pintu akses ke engine, dan juga lubang untuk oli.

Itulah tadi penjelasan mengenai genset Silent berkualitas. Bila anda tertarik untuk membeli genset dengan tipe Silent ini sebaiknya menanyakan terlebih dahulu kepada agen atau distributor besar mesin genset yang menyediakan tipe Silent.

11 views0 comments
bottom of page