Search

Memilih Genset Darurat Yang Tepat



Pada dasarnya ada dua alasan untuk membeli genset darurat. Salah satunya adalah menyediakan daya listrik di daerah terpencil seperti di lokasi konstruksi, lokasi perkemahan, kapal, indusrti, dll. Yang lainnya adalah menyediakan daya darurat untuk melindungi rumah dan keluarga Anda dari pemadaman listrik.


Jadi, masuk akal jika memilih genset darurat yang tepat berarti;


  1. Memilih ukuran generator yang tepat untuk pekerjaan yang ingin Anda lakukan.

  2. Memilih jenis genset yang tepat; generator portabel, generator PTO atau generator siaga permanen.

  3. Memilih generator dengan kualitas dan keandalan yang tepat yang akan bertahan bertahun-tahun.


Saya yakin dengan semua pilihan generator kami; ada satu yang tepat untuk Anda. Dan dengan memilih generator Powerline, Anda akan lebih dari memuaskan nomor tiga di atas untuk kualitas dan keandalan.


Jadi mari kita mulai dengan langkah pertama memilih generator darurat yang tepat untuk Anda, yaitu menentukan ukuran generator yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda.


Pada dasarnya ada dua jenis genset rumah atau genset darurat yang tersedia saat ini. Salah satunya adalah genset portabel, yang sesuai dengan namanya bersifat portabel dan dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Jenis lainnya adalah generator siaga yang tidak portabel karena dipasang secara permanen di luar rumah Anda, biasanya pada bantalan semen dari beberapa jenis.


Generator portabel paling sering digunakan sebagai sumber listrik yang jauh dari rumah seperti di lokasi konstruksi, lokasi perkemahan atau di area lain di mana Anda membutuhkan daya dan menjalankan kabel ekstensi tidak mungkin atau tidak praktis.


Genset portabel, dikombinasikan dengan peralatan tambahan yang tepat, juga dapat digunakan sebagai “generator darurat” ketika terhubung sementara ke sistem kelistrikan rumah Anda untuk memberikan daya ke perangkat atau peralatan penting seperti pompa sumur, tungku dan/atau sirkuit rumah tangga lainnya tergantung pada kapasitas generator. Ketika digunakan dengan cara ini, generator portabel biasanya terhubung sementara melalui sakelar transfer yang dioperasikan secara manual dan dihidupkan secara manual ketika terjadi kegagalan daya. Generator 4.000 watt atau 5 KVA adalah yang terkecil yang harus Anda gunakan dengan cara ini karena yang lebih kecil terlalu membatasi. Kapasitas sekitar 6.000 watt atau 8 KVA paling umum untuk jenis aplikasi ini.


Genset rumah atau genset darurat lainnya adalah genset siaga. Generator siaga dipasang secara permanen di luar rumah Anda dan biasanya terhubung ke sistem kelistrikan rumah Anda melalui sakelar transfer yang dioperasikan secara otomatis.


Sistem ini selalu terhubung dan siap digunakan segera (dalam keadaan standby) jika terjadi gangguan listrik. Setelah merasakan kegagalan daya, sistem ini akan secara otomatis memulai generator dan mentransfer sistem kelistrikan Anda ke daya generator dan kemudian secara otomatis akan mentransfer kembali ke daya utilitas dan mematikan generator ketika daya utilitas kembali, bahkan jika Anda tidak di rumah.

26 views0 comments